Rabu, 23 Februari 2011

Melempar Lambung Tinja Kering Bernama #KELASPUJANGGAEDAN

HELL-o skipper, akhirnya kita berjumpalitan lagi. Saat tulisan ini dibuat sebenarnya saya sedang sibuk-sibuknya (atau sok sibuk?) belajar buat menghadapi UAS di kampus saya tercinta. Berhubung lagi pas bosen, akhirnya saya nulis (baca: nyampah) disini. Langsung saja yah, sebenernya saya lagi pengen nulis tentang hashtag/tagar #kelaspujanggaedan yang populer di twitter. Salah satu hashtag yang paling saya gemari, karena selain bersifat "random" juga menyimpan kelucuan dan makna mendalam dibaliknya (ehem).

Twitter, belakangan ini menjadi media dan sarana peluapan juga pengekspresian emosi, mood, serta kegalauan (eaaa) yang paling efektif serta "nendang". Tiap detiknya gerombolan tweet-tweet dari akun yang kita follow akan membanjiri timeline kita dengan segenap persepsi yang dimuatnya. Nah dari sekian banyak tweet-tweet yang menghantui linimasa saya, terselip hashtag #kelaspujanggaedan yang berisi susunan kata-kata random nan chaos yang mayoritas bersifat sarkas namun tidak vulgar atau frontal, tetapi menggunakan kata-kata yang mendobrak pakem kemapanan tata bahasa maupun istilah baku dan kelaziman kalimat, serta tidak lupa dibumbui dengan penulisannya yang sangat mentereng karena dengan huruf kapital semua.
Bagi beberapa orang, mungkin tweet macam ini akan nampak seperti sampah di gariswaktu mereka, namun bagi beberapa orang lainnya, fenomena #kelaspujanggaedan ini coba dijadikan ajang "tamasya" yang menarik dan liar. Satu hal yang pasti, makna yang tersirat dalam sebuah #kelaspujanggaedan sangatlah sulit untuk ditebak, dan kadang-kadang hanya pembuatnya lah yang tahu arti sesungguhnya dari tweetnya. Tapi justru disitulah letak ke-asyik-an hashtag ini, mencoba membuat kita untuk menerka kira-kira apa sebenarnya maksud dari tweet ini, tak jarang kita hanya akan terpingkal-pingkal kalau mencoba serius memahaminya. Tambahan pula, bahwa kelas nyeleneh ini biasanya mulai chaos pada dini hari, dimana timeline kita mulai stagnan dan tidak banyak user yang masih nge-tweet. Hal ini dimaksudkan agar ke-eksklusif-an #kelaspujanggaedan tidak mengganggu user yang sulit memahami ke-absurd-annnya, terutama di jam-jam ramai twitter.

Hashtag #kelaspujanggaedan ini pertama kali saya temukan dari akun twitter @ALakaUCAY milik Ucay, vokalis band Rocket Rockers yang saya follow (ane dulu asal follow aja gan, waktu masa-masa gagap twitter, dan akhirnya keterusan sampai sekarang). Usut punya usut, ternyata "founding father" dari #kelaspujanggaedan adalah akun @sniboystempat milik Age, personel Sungsang Lebam Telak, sebuah band indie, yang sering mengeluarkan tweet-tweet maha absurd pada tengah malam. Ke-absurd-annya kemudian mewabah ke beberapa akun lain termasuk @ALakaUCAY yang kemudian menyebar ke beberapa followernya, termasuk saya (:D) . Berikut adalah beberapa contoh supremasi ke-absurd-an #kelaspujanggaedan :
  1. @aninmaru: "MENANGISI G-STRING ALFA MART MELALUI AJAKAN FAUZI BOWO MEMBAWA MANGGIS BAJA DI HADAPAN KERANG AJAIB"
  2. @ranangdagama: "HISTERIA CHEERLEADERS BASI BERBARIS RAPI DIAWAN LOKALISASI SUPER HERO ABAL-ABAL"
  3. @yeahmirza: "CINTA MENGGONGONG KAFILAH BERTINDAK"
  4. @ALakaUCAY: "INSTALASI LOTEK NEPTUNUS MENUNGGU PELUNASAN AGENDA KAREDOK ROTHSCHILD SEDANGKAN ROTI BAKRIE HURA HURA BALA BALA"
  5. @alwiratakap: "SELAYANG PANDANG PESILAT MONGOL KONGKALIKONG TERINSPIRASI SPEKULASI FREE KICK MIKE TYSON"
  6. @rifqialif: "BAGAI KOTORAN YG BRDOMISILI NOMADEN DAN TNPA HENTI MENGINTERVENSI HATI YG PALING DALAM"
  7. @imzehanfi: "FRAGMENTASI KUKUSAN RASI NON-BIMASAKTI DIKUNGKUNG CARUT SEMRAWUT LIGHTPOLUTION"
Contoh di atas hanyalah secuil puing dari sebuah dinasti yang bernama #kelaspujanggaedan, sesungguhnya masih banyak lagi aplikasi ke-absurd-an yang lain yang bisa ditemukan dengan men-search keyword #kelaspujanggaedan pada kolom search twitter. Pada akhirnya ke-random-an yang ditimbulkan #kelaspujanggaedan menurut saya merupakan gaya baru dari perumpamaan atau majas-majas yang sudah ada. Sebuah tata bahasa yang coba membongkar dan memerdekakan pola pikir kita dengan sesuatu yang inspiratif namun chaos. Ah, tanpa terasa ternyata sudah jam 1 malam berarti saatnya cinderella untuk kembali ke rumah, eh maksud saya, saatnya meneruskan belajar saya, sampai berjumpalitan lagi wahai para pujangga edan, doakan semoga UAS saya lancar jaya.

Adios-Gale

Tidak ada komentar:

Posting Komentar