Senin, 21 Maret 2011

My Top 10 Mood Booster Songs!

Musik adalah pisau bermata ganda. Suatu ketika ia bisa menjadi mood booster yang membuat kita sangat bersemangat, dan saat lainnya menjadi mood downer buat kita, tergantung lagu apa yang kita dengarkan. Suatu mood booster kerapkali membantu kita untuk menembus barikade stress yang kadang mendera kita, serta membuat kita kembali bersemangat untuk menjalani rutinitas kita (terutama bagi orang-orang yang sangat moody seperti saya). Berikut ini adalah 10 lagu yang menjadi mood booster bagi saya, cekidot:

1. Pee Wee Gaskins - Summer Thrill


Band yang sarat kontroversi ini, membuat kejutan di album baru mereka "Ad Astra per Aspera" dengan meminimalkan unsur synthesizer yang notabene adalah pondasi utama di album mereka sebelumnya. Sebagai gantinya distorsi power chord dan running bass serta dentingan keyboard coba dimajukan sebagai kekuatan. Hasilnya sukses, nyaris seluruh lagu di album ini sangat nyaman didengarkan tapi tidak mengurangi unsur cutting edge mereka. Summer Thrill, sesuai dengan judulnya, membawa semangat gembira ala musim panas, dimana gelora dan gejolak mobilitas manusia lebih dinamis ketimbang musim-musim lainnya. Liriknya yang bercerita tentang romantisme musim panas dibalut dengan distorsi power chord gitar dan gebukan drum pop-punk, menjadikan lagu ini adalah mood booster yang sempurna untuk didengarkan di pagi hari.

2. Katy Perry - Firework


Ini adalah lagu Katy Perry favorit saya sejauh ini. Musiknya yang up beat dan easy listening membuat saya selalu bersemangat tiap kali mendengar lagu ini. Belum lagi kalo ingat Katy Perry nya, pasti langsung "semangat" hehehe. Entah kenapa, Katy Perry adalah satu-satunya penyanyi solo wanita generasi baru yang saya sukai, jika dibanding penyanyi lainnya seperti Lady Gaga atau Ke$ha.
"Boom, boom, boom even brighter than the moon, oon, oon.
It's always been inside of you, you, you
and now is time to let it through, ough, ough......"

Maka bersemangatlah, karena pada dasarnya tiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. Indonesia Raya - Twilight Orchestra 



Pecaya atau tidak, Lagu kebangsaan negara kita ini salah satu mood booster paling ampuh untuk menaikkan semangat kita. Pilihan notasi yang harus diakui memang ciamik dari seorang Wage Rudolf Supratman sehingga bisa menghasilkan sebuah lagu kebangsaan yang menurut saya sangat luar biasa. Kita bisa merasakan segala emosi dan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah lewat lagu ini. Lagu ini sering saya dengarkan sambil membayangkan diri saya berdiri di salah satu tribun Stadion Utama Gelora Bung Karno bersama puluhan ribu suporter lainnya berteriak lantang menyanyikan lagu ini. Merinding rasanya, awesome!

4. Blink 182 - Dammit 


Sebagai die-hard fans Blink 182, rasanya sulit untuk tidak memasukkan Blink 182 sebagai salah satu mood booster saya, dan akhirnya dari semua lagu-lagu rawks milik Blink 182, pilihan saya jatuh pada lagu ini, hanya karena saya suka dengan riff gitar pada intronya. Cukup denger riff gitar lagu ini, maka otomatis everything seems to be allright. No pressure!

5. 30 Seconds to Mars - Closer to The Edge

Jared Leto adalah fantasista! Ia adalah salah satu frontman yang menurut saya punya aksi panggung paling dahsyat. Hal itu terbukti di video klip lagu ini, Jared sanggup membakar euforia ribuan crowds yang hadir dan menjelajahi setiap jengkal panggung dengan energi yang meledak-ledak dalam setiap performance-nya. Vokal Jared di lagu ini juga luar biasa, melengking keras dan konstan, sesuatu yang mampu membuat kita tersengat untuk kemudian menjadi bersemangat. An Epic Mood Booster!

6. Fall Out Boy - Dance, Dance!

Band yang saat ini bubar (atau vakum mungkin??) adalah salah satu band favorit saya. Dan lagu "Dance, Dance" adalah masterpiece terbaik FOB bagi saya. Lagu ini yang membuat saya jatuh cinta dengan musik FOB, terutama lick bass Pete Wentz. Kalo denger lagu ini saya selalu ingat sama jaman-jaman SMA saya dulu. Yap, Fall Out Boy adalah primadona masa SMA saya yang kehilangan sosok Blink 182 karena mereka sedang vakum kala itu, dan lagu ini adalah lagu wajib yang harus didengarkan saya dan teman-teman saya ketika kami nongkrong. Effin A! lah pokoknya :)

7. Shaggydog - Kembali Berdansa 


Yap, anak-anak doggies dari Jogjakarta ini memang selalu bisa membuat saya kalem dengan lagu-lagu mereka. Musiknya yang easy going merupakan pembunuh stress yang paling enak. Kalo kata anak gaul "wolesss mennn..." hahaha. Lagu ini paling manteb kalo didengerin malem-malem, karena lagu ini bakal bikin kita rileks. Nah kalau sudah rileks, mari kita kembali ke lantai dansa kawan-kawan, back to the track again!

8. Avenged Sevenfold - Bat Country


Sebagai anak metal (ngakunya sih) adalah fardhu ain hukumnya dengerin band yang satu ini. Kombinasi maut duo Synyster Gates dan Zacky Vengeance menghasilkan mahakarya metalcore di lagu ini di bagian solo gitar. Bagian intrelude lagu ini benar-benar juara! sumpah, saya sampai terbengong-bengong waktu denger lagu ini pertama kali dulu. "Gila! jadi Metal tuh bukan cuma Scream-scream'an doang ternyata" pikir saya waktu itu.
"As I-I-I adjust to my new sights the rarely tired lights will take me to new heights.
My hand is on the trigger I'm ready to ignite.
Tomorrow might not make it but everything's all right."

Saya sering mendengarkan lagu ini sehabis mengerjakan ujian kuliah, dan setelah lagu ini berhenti, berhenti pula kegalauan saya terhadap hasil pekerjaan saya tadi, meski hanya sementara :)

9. My Chemical Romance - Teenagers
 

Terkenal dengan lirik sendu dan nuansa suramnya, My Chemical Romance menyelipkan sebuah lagu bergairah di album masterpiece mereka, The Black Parade. Sesuai dengan judulnya, lagu ini membawa semangat remaja yang girang dan bersemangat. Riff gitar berlapis-lapis dari Ray Torro dan suara khas dari Gerrard Way justru membuat lagu ini nampak seperti alter ego dari MCR yang biasanya tampil kelam.
"... So darken your clothes or strike a violent pose.
Maybe they'll leave you alone, but not me!"

Oleh karena itu bersemangatlah kamu seperti layaknya seorang remaja. Berapapun usiamu, stay young forever! :)

10. Good Charlotte - Dance Floor Anthem

Lagu ini adalah mood booster untuk move on. Yeah, harus diakui bahwa saat patah hati adalah saat mood kita berada pada titik nadir terendah. Maka berterimakasihlah pada Good Charlotte karena sudah membuat lagu ini sehingga kita bisa terlepas dari depresi berkepanjangan pasca putus cinta, terutama yang terjadi akibat penghianatan.
We break up it’s something that we do now
Everyone has got to do it sometime
It’s okay
Let it go
Get out there and find someone

Everybody
Put up your hands Say:
”I don’t wanna be in love, I don’t wanna be in love”
Feel the beat now
If you’ve got nothing left say:
”I don’t wanna be in love, I don’t wanna be in love”
Back it up now
You’ve got a reason to live say:
”I don’t wanna be in love, I don’t wanna be in love”
Feelin’ good now
Don’t be afraid to get down say:
”I don’t wanna be in love, I don’t wanna be in love”

Now you know what to do
So come on
Feelin’ good
Dengan masuknya Good Charlotte, maka genaplah sudah tulisan ini menjadi 10 buah lagu yang menjadi mood booster bagi saya. Sebetulnya masih banyak ratusan lagu lainnya yang bisa menjadi mood booster bagi saya, namun karena judul tulisan ini hanya 10, maka tulisan ini berhenti di angka 10 saja (nulis 10 aja udah ngaret dari deadline kesepakatan, apalagi kalo ratusan).
Dan karena pada dasarnya selera tiap-tiap orang berbeda-beda, sudah pasti mood booster masing-masing orang tidaklah sama. Dan juga karena tidak ada yang perlu diperdebatkan mengenai masalah selera, maka biarkanlah perbedaan yang ada itu mewarnai belantika musik kita. Satu hal yang pasti adalah hidup ini tidaklah mudah, oleh karena itu teruslah bersemangat dan jangan menyerah! (kok kaya lagu Demasiv ya? hahaha)

"Don't wish for an easy life. Life is hard, be a champion!"
Sekian.

~NB: Post ini dibuat berkat ajakan sahabat saya Gita Wiryawan (kunjungi blog-nya di sini) untuk menulis post blog dengan tema yang sama, yakni mengenai musik. Dan karena dia telah memilih tema melankolia, maka saya pun memilih sisi lainnya yaitu mood booster. Kedepannya, mungkin akan ada lagi post-post duet seperti ini, tunggu saja ya :)

Adios-Gale

4 komentar:

  1. Harusnya D'Masiv yang jangan menyerah dimasukkan ke daftar juga dong. Masterpiece untuk sebuah moodbooster! Hahahahahahaha.

    BalasHapus
  2. Hahaha, masuk tapi kurang nendang!

    BalasHapus
  3. coba dengerin 'lalui dengan senyuman'! TOP coy! musik indo pula!! -Rachmat OrangIndonesia-

    BalasHapus
  4. Lagunya dewa ya?? ga gitu suka dewa sih.. hehe

    BalasHapus