Jumat, 08 Juni 2012

Prediksi Singkat Euro 2012


Kolumnis-kolumnis Guardian, yang terdiri dari para expert semacam Barney Ronay, Jonathan Wilson, Jacob Steinberg, hingga Sid Lowe, belum lama ini me-release sebuah artikel yang berisi prediksi singkat, cepat dan padat mengenai jalannya Euro 2012 di Polandia - Ukraina. Terinspirasi dari artikel tersebut, dan juga untuk menyambut Euro 2012 yang beberapa jam lagi bisa kita saksikan opening ceremony-nya di layar kaca, saya mencoba untuk membuat prediksi singkat versi saya sendiri, dengan melakukan improvisasi dan beberapa penambahan kategori baru di dalamnya. Nah, bagi yang berminat membaca, monggo di scroll saja ke bawah...

********

1. How Far Will England Go?
Hmm, gampang-gampang susah untuk memprediksi laju The Three Lions di turnamen ini, tapi melihat materi pemain yang dibawa Roy Hodgson ke Ukraina plus absennya Wayne Rooney di dua pertandingan awal, rasa-rasanya Inggris akan cukup kesulitan untuk berbicara banyak. Meskipun demikian Inggris akan tetap lolos ke fase knock-out setelah duduk sebagai runner up Grup D di bawah Perancis. Sayangnya di fase knock out perjalanan Inggris akan berakhir setelah mereka digulung oleh Spanyol, sang jawara Grup C, dengan diwarnai satu pemainnya yang terkena kartu merah. Iya, ini cuma prediksi toh.

2. Players to Watch
Banyak pemain yang layak untuk diperhatikan aksinya di Euro kali ini. Kebanyakan media menyorot nama Mario Gotze sebagai sosok yang diprediksi akan bersinar terang pada pagelaran Euro kali ini, tapi saya lebih ngebet untuk melihat aksi dari rekan setim Gotze, Robert Lewandowski

Performa brilian striker Polandia bersama Borussia Dortmund musim ini jelas jadi salah satu alasan mengapa aksinya sangat layak dinantikan di Euro kali ini. Ditambah dukungan publik tuan rumah yang melimpah, bukan tidak mungkin Lewandowski akan mampu menjelma menjadi nemesis kotak penalti yang sinarnya paling benderang di turnamen ini.

Nama-nama lain yang layak diperhatikan diantaranya: Alan Dzagoev (Russia), Jordi Alba (Spanyol), Nikica Jelavic (Kroasia), dan Sotiris Ninis (Yunani).

3. Dissapointing Players
Cukup mudah untuk menjawab kategori ini: Cristiano Ronaldo. Sejak tampil gemilang di Euro 2004, performa CR7 bersama timnas tak pernah seimpresif seperti ketika membela klubnya. Dengan Portugal yang tergabung di grup neraka bersama Jerman, Belanda dan Denmark, sepertinya Ronaldo memang lebih baik berkonsentrasi ke jadwal syuting iklannya daripada berkotor-kotor peluh membela panji-panji Selecao.

4. Most Looking Forward To
Euro selalu menawarkan hal-hal yang menarik untuk di simak di tiap pegelarannya, dan untuk tahun ini rasanya kita tidak akan kehilangan hal tersebut. Bagaimana persaingan di grup neraka antara Jerman, Belanda, Portugal dan Denmark? Sejauh manakah perjalanan tuan rumah Polandia dan Ukraina? Siapakah pembuang peluang nomor wahid antara Fernando Torres dan Andy Carroll? atau Apakah John Terry akan tetap hadir di partai final untuk mengangkat piala juara meski Inggris telah tersingkir? itu semua hanyalah beberapa contoh ke-menarik-an Euro tahun ini. Akan tetapi di antara semua itu, melihat bagaimana tingkah polah (dan ketololan) Mario Balotelli di timnas Italia adalah yang menempati daftar teratas. Yeah, it's always him. Indeed.

5. Potentially Shocking
Ada dua tim yang berpotensi untuk membikin kejutan di Polandia-Ukraina nanti: Russia dan Kroasia. Tidak sampai meraih juara, mungkin, tapi untuk mencapai semifinal, kedua tim ini jelas layak dan punya potensi besar. Alasannya? ah, namanya saja kejutan, kalau ditulis sekarang tentu tidak akan jadi kejutan lagi dong.

6. Final
It's all wrapped for the big. Jerman vs Spanyol akan jadi partai pamungkas yang akan dihelat di Olympic Stadium, Kiev, 1 Juli nanti. Dua unggulan teratas ini memang paling layak untuk menapak partai puncak meski Belanda juga punya potensi serupa. Untuk urusan skor, hmm... Jerman akan menang tipis, atau bisa jadi malah akan diselesaikan lewat adu penalti. Dan untuk hal yang terakhir itu, kita semua tahu bahwa Jerman memang sangat perkasa dan superior dalam adu tos-tosan. Die Mannschaft weltmeister!

7. Top Scorer
Banyak pundit menjagokan Karim Benzema dan Robin van Persie yang akan keluar sebagai top skorer, tapi saya lagi-lagi punya pendapat lain. Belum bosan dengan orang Polandia yang namanya saya sebut di atas bukan? Yap, Robert Lewandowski adalah pemain yang saya jagokan untuk meraih predikat ini. Nama lain yang punya potensi menyeruak sebagai top skorer mungkin Miroslav Klose dan Nikica Jelavic.

Begitulah kira-kira prediksi saya mengenai Euro 2012 di Polandia dan Ukraina. Soal tepat atau tidaknya, jelas itu merupakan hak prerogatif dari Tuhan YME dan itu berada di luar kuasa saya. Bagi yang mau melihat prediksi dari para kolumnis guardian seperti yang saya sebutkan di atas, sila berkunjung ke SINI. Selamat datang Euro 2012 Polandia - Ukraina!

Adios - Gale

Tidak ada komentar:

Posting Komentar