Selasa, 30 Juli 2013

Hari Raya, Pemain Sepakbola, dan Status Facebook Mereka


Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, dan seluruh dunia pun tengah bersiap menyambut kedatangannya. Tak terkecuali dengan para insan sepakbola yang budiman dan rajin berdandan. Mereka —baik yang menganut ajaran Islam maupun tidak— sama-sama antusias menyambut datangnya hari akbar yang maha suci ini.

Atas nama eksistensi di dunia maya, pencitraan diri yang mumpuni, serta toleransi antar umat beragama, tak sedikit dari mereka yang mem-posting antusiasme mereka dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, melalui akun Facebook mereka. Dan berikut ini adalah beberapa status facebook terkini dari para insan sepakbola dari seluruh penjuru semesta, sebagaimana saya kutip langsung dari sumbernya, tanpa tedeng aling-aling. Check it out!

Papiss Demba Cisse - Newcastle United / Senegal
Sebenernya ogut ogah make itu kostum Newcastle yang sponsornya dari uang riba'. Astaghfirullah, dosa besar itu. Tapi berhubung udah mau lebaran, yaudah ogut mau sedikit memaafkan dan legowo buat make kostum "haram" itu. Lagian kalo misalnya dipecat pas mau lebaran gini kan repot juga, THR-nya Inem sama Mang Ujang siapa yang bayar? Ogut nggak mau dianggep majikan yang dzalim.

Frederic Kanoute - Beijing Guoan / Mali
Ane baru tau beritanya Papiss Cisse yang kagak mau make jersey-nya Newcastle gegara sponsornya dari uang riba'. Cih, pasti dia ikut-ikutan kelakuan ane waktu di Sevilla dulu. Dasar plastik kolak! Basi tau nggak?! Madingnya udah mau terbit!

(Astaghfirullah ane kan lagi puasa, kenapa marah-marah begini...)

Demba Ba - Chelsea / Senegal
Duh, lebaran tahun ini ogut Sholat Ied' di mana ya? Tahun kemarin sih enak, masih bisa sholat Ied' barengan Papiss Cisse di musholla deket St. James Park. Lah kalo di sini ogut bukannya dapet temen jama'ah malah diajakin John Terry nyatronin bini temennya. Bahlul bener emang si bandot tua. Ogut sembelih juga lama-lama.


Samir Nasri - Manchester City / Perancis
Lebaran tahun ini kayaknya gua kagak bisa selebrasi gol pake tulisan "Eid Mubarak" lagi deh. Yakali selebrasi, orang gua aja kagak pernah dipasang jadi starter sama pelatih. Tapipak, apa gua selebrasinya waktu ngegolin di latihan pemanasan aja kali ya? Yang penting kan Happy Eid Mubarak. Gitu?

Eric Abidal - AS. Monaco / Perancis
Astaghfirullah, orang-orang di Monaco ini padahal udah masuk 10 malam terakhir Ramadhan, bukannya pada i'tikaf di masjid, malah pada main judi sampe imsak, sambil cengengesan kayak orang mabok. Sahurnya pada minum khmer, ngabuburitnya mainan gaple. Mrakbal lah, kalo kata bang Madit Musyawaroh.

Ilkay Gundogan - Borussia Dortmund / Jerman
Lagi puasa begini tenggorokan jadi makin seret kalo keseringan dipake ngobrol sama temen-temen di Dortmund. Ya, elu pikir aja sendiri gimana rasanya tenggorokan waktu nyebut nama-nama macem Jakub Blazcykowski, Kevin Grosskreutz, Pierre-Emerick Aubameyang, Lukasz Piszczek, Henrikh Mkhitaryan, Robert Lewandowski, sama Marcell Schmelzer pas puasa begini. Nggak sekalian Lossjgmhbkvh Fajldnljgnvjdpkckckcz Klprnofjzczcdy, atau Porteyvnlsbvjkscm Autrnjldmvnvic aja, hah?!

Tenggorokan gua jadi rengat-rengat stadium tiga nih. Untung banget masih ada Marco Reus sama Nuri Sahin di sini. Elhamdoulillah, ya Allah.

Steven Gerrard - Liverpool / Inggris
Akhirnya keinginan gue buat dapet medali sama piala (lagi) kesampaian juga pas tur pra-musim di Indonesia kemarin. Ini baru yang namanya berkah Ramadhan. Bakalan gue simpen baik-baik deh ini medali. Untuk anak gue kelak.

Bambang Pamungkas - Tanpa klub / Indonesia
Selamat Hari Raya kepada rekan-rekan sekalian. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Utamanya kepada mereka yang merasa terganggu karena akun twitter @bepe20 menjadi spammer link dari portal berita olahraga. Sejujurnya, saya pun terganggu akan hal tersebut. Tetapi demi selalu tersedianya oseng pare dan sambel goreng ati dari dapur saya, saya harap kalian dapat memakluminya, hehehe.

Kurnia Meiga - Arema / Indonesia
Mari lebaran taun iki ayas pengen tobat temenan. Rajin sholat, rajin ngaji, karo nabung dienggo munggah haji. Yok opo seh main bal-balan ping telu wae iso sampek kebobolan 17 gol. Tobat, Cak!

(bagi yang tidak mengerti apa yang dibicarakan oleh Kurnia Meiga, silahkan cari sendiri terjemahannya)

David Moyes - Manchester United / Skotlandia
Akhirnya bulan puasa udah kelar, tim gua bisa jadi jagoan lagi. Dasar orang-orang bego yang bikin hashtag #MoyesOut gara-gara hasil pre-season MU kemarin bapuk sejak dalam pikiran. Namanya juga bulan puasa, setan-setan kan pada dibelenggu dan dirantai, makanya mainnya jelek. Sekarang waktunya pembalasan. Unleash the Kaiju! #MoyesIn

Arsene Wenger - Arsenal / Perancis
Orang-orang muslim puasanya udah pada kelar ya? kagak ada toleransinya sedikit gitu kek sama klub gua yang udah delapan tahun puasa gelar? Kapan lebarannya nih tim gua, hilal-nya aja nggak pernah keliatan. Syuraaamm.

Robin van Persie - Manchester United / Belanda
Siap-siap ke JNE mau ngirim parsel lebaran buat Sagna sama Diaby di Ashburton Grove. Sekalian aja gue selipin brosur "Glory Hunter" dari klub gue yang sekarang. Kali aja mereka jadi inget lagi sama nasehatnya Eyang Pramoedya waktu kita ikutan Porseni dulu: "Orang boleh jago main bola setinggi langit, tapi selama ia tidak pernah jadi juara, niscaya ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah."



Adios - Gale

4 komentar:

  1. gale paleeeee
    gua kirain status fb beneran
    cuuuukkkkk!!!!!!!
    (Astaghfirullah ane kan lagi puasa, kenapa marah-marah begini...)

    BalasHapus
  2. janciiik. iki opooooo :')

    (Astaghfirullah ane kan juga lagi puasa, kenapa marah-marah begini...)

    BalasHapus
  3. Astaghfirullah ane kan lagi puasa juga, kenapa nulis tulisan beginian :|

    BalasHapus